MULAI BEKERJA DENGAN POWERPOINT 2007

PowerPoint | Ketika mulai membuka  PowerPoint 2007 seperti yang terlihat pada artikel pertama tantang Jendela Kerja PowerPoint, maka anda akan melihat perbedaan tapilan yang sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Dalam artikel pertama disebutkan ada beberapa fitur yang ada pada tampilan baru ini yang dapat anda pergunakan. Setidaknya ada tiga fitur yang tidak boleh anda lupakan saat bekerja dengan PowerPoint 2007 yaitu: Office Button, Quick Access dan Ribbon. Fitur-fitur tersebut akan diperjelas pada tutorial kali ini.

Office Button
Office Button adalah tombol yang menampilkan fitur-fitur yang pada versi sebelumnya berada pada menu File antara lain: New (Membuat presentasi baru), Open (Membuka presntasi yang telah dibuat sebelumnya), Save (Menyimpan presentasi), Print (Mencetak presentasi), Send (Untuk mengirim presentasi melalui e-mail, internet fax dan lain-lain) dan Close (untuk menutup file presentasi)

Ribbon
Ribbon adalah panel yang berada di atas dokumen yang defaultnya berisi tujuh buah tab yaitu: Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review and View.
Setiap tab dibagi dalam dalam group yang bertisi fitur-fitur tertentu untuk keperluan editing dokumen presentasi.

Hanya fitur-fitur yang paling sering dipergunakan yang ditampilkan pada ribbon.. untuk melihat fitur tambahan dalam ribbon bisa diakses dengan mengeklik tanda panah yang berada di sebelah kanan group tool (lihat gambar).


Berikut adalah isi dari masing-masing tab tersebut:

Home : Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing, and Editing
Insert : Tables, Illustrations, Links, Text, and Media Clips
Design : Page Setup, Themes, Background
Animations : Preview, Animations, Transition to this Slide
Slide Show : Start Slide Show, Set Up, Monitors
Review : Proofing, Comments, Protect
View : Presentation Views, Show/Hide, Zoom, Window, Macros
Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar adalah toolbar yang berisi perintah-perintah yang sering digunakan dan dapat ditambah/dikurangi sesuai dengan keperluan. Fitur yang ditampilkan ditampilkan ditandai dengan tanda centang. Quick Access Toolbar ini dapat diletakkan di atas atau di bawah Ribbon. Untuk mengubah lokasi Quick Access Toolbar klik pada tanda segitiga disebelah kanannya kemudian klik pilihan Show Below the Ribbon.


Mini Toolbar
Salah satu fitur baru pada Office 2007 adalah Mini Toolbar, yaitu toolbar yang ditampilkan ketika anda sedang menghighlihgt sebagian teks atau melakukan klik kanan. Fitur yang ditampilkan adalah fitur yang paling sering digunakan seperti Bold, Italics, Fonts, Font Size and Font
Color.

Slide Views
Slide presentasi dapat ditampilkan dalam berabagai cara. Pada tab View anda bisa menampilkan slide dengan tampilan Normal, Slide Sorter, Notes Page, Slide Show, Slide Master, Handout Master, and
Notes Master.


EmoticonEmoticon