MENGENAL JENDELA KERJA ADOBE FLASH CS5

Tags


Adobe Flash atau biasa disebut Flash saja, adalah salah satu software untuk pembuatan animasi 2 dimensi dengan basis vektor. Selain itu Flash juga dipergunakan untuk pembuatan media pembelajaran interkatif dengan ukuran file yang relatif kecil, sehingga sangat menghemat penggunaan storage pada komputer. Adobe Flash pada awalnya bernama Macromedia Flash yang kemudian diakuisi oleh Adobe. Kemampuan Flash dalam pembuatan animasi tidak diragukan lagi, sehingga bisa bertengger di urutan teratas pesaingnya.

Yuk langsung berkenalan dengan Produk Adobe yang spektakuler ini. Untuk mulai membuka Flas CS5 klik tombol Start, pilih All Programs, kemudian cari folder Adobe. Klik foldernya kemudian pilih Adobe Flash CS5.

Berikut ini adalah tampilan jendela kerja Flash CS5

Klik untuk memperbesar tapilan gambar
Keterangan Gambar
  1. Menu bar : berisi kumpulan menu-menu perintah dalam Flash CS5
  2. Work space: berfungsi untuk mengatur tampilan jendela kerja sesuai dengan keinginan pengguna.
  3. Adobe CS online : tombol yang dipergunakan untuk terhubung denga bantuan online ataupun dengan komunitas Adobe di internet
  4. Tab document : berisi dokumen yang sedang aktif dan berfungsi untuk berpindah dari satu dokumen ke dokumen yang lainnya jika sedang bekerja dengan lebih dari satu dokumen. 
  5. Zoom control : dipergunakan untuk memperbesar/memperkecil tampilan jendela kerja Flash
  6. Stage : Adalah tempat untuk obyek-obyek animasi yang sedang dikerjakan. Stage dapat berisi gambar, teks, symbol, dan video.
  7. Scroll bar : berfungksi untuk menggulung jendela kerja.
  8. Tool : dipergunakan untuk membuat dan mengedit, menyeleksi, mewarnai, mentransforamasi objek-objek yang akan animasikan.
  9. Panel : Berisi informasi dan properti pada setiap objek tertentu. Beberapa panel penting dalam Adobe Flash CS5 antara lain adalah  panel: Properties, Filters & Parameters, Actions, Library, Color dan Align & Info dan Transform.
  10. Timeline : Berfungsi untuk mengontrol lama sebuah animasi akan dimainkan dan kapan sebuah objek animasi akan ditampikan.
    Timeline terdiri dari Frame, dan Keyframe.
  11. Layer : adalah komponen pada Flash yang berfungsi untuk menampung gambar dan/atau script perintah pada Flash. Layer bisa diibaratkan sebagai tumpukan objek pada sebuah Stage.
Demikian gambaran umum jendela kerja Adobe Flash, untuk detilnya akan dibahas pada tutorial berikutnya. Terimakasih telah berkunjung.

Salam kompak persahabatan.


EmoticonEmoticon