MENGENAL FORMULA ATAU RUMUS DASAR PADA MICROSOFT OFFICE EXCEL

Tags

Rumus/formula merupakan bagian terpenting dari aplikasi Ms. Excel, karena setiap dokumen yang kita buat akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Sebelum membahas lebih jauh mengenai rumus atau formula pada Microsoft Office Excel terlebih dahulu kita membahas operator matematika.

Operator Matematika yang Sering Digunakan
Operator matematika yang lazim digunakan pada formula Ecel adalah sebagai yang tertera di bawah ini:
  • = (sama dengan) setiap penulisan rumus pada Excel harus diawali dengan tanda "=" jika tidak diawali dengan tanda sama dengan maka Excel akan menganggapnya sebagai teks biasa dan tidak akan melakukan proses perhitungan.
  • + (tanda Plus) untuk operasi Penjumlahan Contoh: = 2+2 akan menampilkan angka 4
  • - (tanda minus) untuk Pengurangan Contoh: =5-3 akan menampilkan angka 2
  • * (tanda bintang) untuk operasi Perkalian Contoh: =4*5 akan menampilkan angka 20
  • / (garis miring) untuk operasi Pembagian Contoh: =40/8 akan menampilkan angka 5
  • ^ untuk untuk operasi Perpangkatan Contoh: =2^2 akan menampilkan angka 4
  • % (persen) Persentase =100% akan menampilkan angka 1

Adapun fungsi-fungsi dasar yang akan kita bahas berikut biasa disebut dengan fungsi statistik. Fungsi-sungsi statistik pada Excel antara lain adalah sebagai berikut:

1. Fungsi SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada sebuah range. Cara penulisannya adalah =SUM(angka1,angka2,angka3,…dst). Dimana angka1, angka2 ,angka3 dan seterusnya adalah angka-angka yang akan dijumlahkan, atau jika angka-angka tersebut berada pada sekumpulan sel (range) maka yang diketikkan adalah nama selnya. Misalnya untuk menjumlahkan data yang berada pada sel A1 sampai A9, maka rumusnya adalah =SUM(A1:A9).

2. Fungsi MAX
Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi dalam sebuah range. Cara penulisannya adalah:  =MAX(angka1,angka2,angka3,…dst), dimana angka1, angka2 ,angka3 dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai tertinggi dari sel  A1 sampai A9, maka rumusnya adalah =MAX(A1:A9).

3. Fungsi MIN
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, yaitu untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik. Cara penulisannya adalah:  =MIN(angka1,angka2,angka3,…dst), dimana angka1,angka2,angka3 dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai minimumnya. Misalnya untuk mencari nilai terendah dari sel  A1 sampai A9, maka rumusnya adalah =MIN(A1:A9).

4. Fungsi AVERAGE
Fungsi Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Cara penulisannya adalah: =AVERAGE(angka1,angka2,angka3,…dst) 
Misalnya untukmencari nilai rata-rata dari data yang berada pada sel A1 sampa A9 maka penulisan rumusnya adalah: =AVERAGE(A1:A9)

5. Fungsi COUNT
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah: =COUNT(angka1,angka2,angka3,…dst). 
Misalnya untukmencari nilai jumlah data dari sel A1 sampa A9 maka penulisan rumusnya adalah: =COUNT(A1:A9)

Sekian dulu untuk pengenalan fungsi-fungsi dasar Excel kali ini, masih banyak sekali formula dan fungksi yang disediakan oleh Excel yang akan kita bahas pada artikel berikutnya. Terimakasih sudah berkunjung jika ada kekurangan,kritik, saran dan sejenisnya mohon disampaikan via kolom komentar. Nanti ta sambangi, sekarang mau tidur dulu, ngantuk bingits. Bye.. [VR]


EmoticonEmoticon