LEMBAR KERJA MICROSOFT OFFICE EXCEL

Tags

TUTORIAL MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
MENGENAL LEMBAR KERJA MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007

Ketika menjalankan Excel 2007, maka excel akan langsung memberikan tiga buah worksheet dengan nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ketiga worksheet tersebut dinamakan Workbook. Workbook adalah keseluruhan sheet pada Excel 2007. Adapun elemen jendela kerjanya terlihat seperti gambar di bawah ini.

Gambar Jendela kerja Microsoft Office Excel 2007

jendela kerja excel

Keterangan gambar

Office button : berisi  menu perintah Open, Save, Print, Close, Exit serta tombol Excel Option untuk mengubah tatanan standar/default setting Excel.

Quick access toolbar: toolbar yang berisi pintasan untuk perintah-perintah yang sering digunakan seperti Save, Print, Undo dan Redo. Quick Access ini bisa diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Menu bar : Berisi kelompok-kelompok perintah pada Ribbon.

Ribbon : merupakan kombinasi dari menu bar dan tollbar pada Excel 2003 dan  sebelumnya. Semua perintah pada Excel disajikan dalam bentuk icon.

Name box : adalah sebuah kotak yang menampilkan nama sel yang sedang aktif.
Formula bar : berfungsi untuk menampilkan rumus yang sedang dipergunakan pada sebuah sel. Jika sel tidak berisi rumus maka yang akan ditampilkan adala isi sel bersangkutan.

Kolom (Column) : adalah b agian dari worksheet yang ditandai dengan huruf

Baris (Row) : baris adalah bagian dari worksheet yang ditandai dengan nomor.
Sel (Cell) : adalahPerpotongan antara baris dan kolom.

Scroll bar : berfungsi untuk menggulung layar ke kiri-kanan dan ke bawah-atas

Sheet tab :  adalah tombol yang berungsi untuk berpindah dari satu worksheet ke worksheet yang lain. Secara default Excel 2007 berisi tiga worksheet.

Zoom control : berfungsi untuk memperbesar/memperkecil tampilan worksheet.


EmoticonEmoticon