5 CARA MENCEGAH KOMENTAR SPAM DI BLOG

Tags

Aneka cara mencegah komentar spam di blog

Mencegah komentar spam si blog

Salah satu momok yang menghantui blogger adalah Komentar spam. Komentar spam biasanya berisi promosi yang  mengarahkan pembaca untuk mengklik "dagangan" mereka. Meskipun sampai berbusa-busa pemilik blog mengingatkan untuk tidak meninggalkan komentas spam, namun bukan spammer namanya kalau tidak datang lagi. Oleh karena itu perlu cara internal pemilik blog untuk mencegah spammer meninggalkan komentar spam di blog kita.
1. Nonaktifkan fitur komentar di blog anda. 
Kolom komentar pada blog bisa diaktifkan atau di matikan. Dengan mematikan kolom komentar di blog kita maka secara oromatis semua pembaca blog tidak akan bisa berkomentar, namun tentu saja ini akan menjadikan blog anda menjadi blog yang "hambar" karena salah satu tujuan blogging adalah untuk menjalin silaturrahim. Namun opsi ini akan sangat mumpuni untuk mencegah spam.

2. Aktifkan Moderasi Komentar di blog anda
Dengan mengaktifkan Moderasi komentar pada blog maka seluruh komentar yang masuk akan disaring terlebih dahulu oleh pemilik blog. Admin blog akan memilih mana komentar yang layak untuk ditampilkan, atau komentar tersebut akan masuk kantong sampah alias dihapus. Pilihan ini lebih moderat jika dibandingkan dengan mematikan fitur komentar sama sekali. Tapi resikonya adalah pemilik blog harus rajin memeriksa apakah ada komentar yang layak tampil atau semua komentar tidak akan muncul sama sekali.

3. Atur supaya hanya pengguna terdaftar yang bisa berkomentar. Jangan bolehkan pengguna Anonymous untuk.
Jika membolehkan pengguna anonymous untuk berkomentar, maka siapapun pembaca blog meskipun tidak login akan bisa berkomentar. Keuntungannya adalah pembaca lebih gampang untuk berkomentar. Namun kondisi ini banyak dimanfaatkan oleh spammer untuk nyepam di kolom komentar. Tinggal pilih mau banyak komentar atau risiko banyak spam.

4. Matikan Tautan (Link) Aktif pada Komentar

Spammer memang banyak akalnya. Setiap ada kesempatan pasti nyepam. Nyepam as habbit! Salah satu cara nyepam yang palling menjengkelkan dan merugikan pemilik blog adalah spammer akan meninggalkan link hidup/link aktif di kolom komentar. Tentu saja ini akan mengganggu SEO blog karena akan menambah outbond blog yang tidak sesuai dengan tema blog sehingga akan mengganggu SEO. Jadi link aktif harus di matikan! Caranya bisa dibaca disini: Mencegah dan mematikan link aktif pada komentar
5. Aktifkan Kode Verifikasi (Captcha) pada Kolom Komentar

Mengaktifkan fitur ini akan memperlambat spammer untuk meninggalkan spam. Tapi risikonya adalah pembaca blog malas untuk berkomentar karena harus mengisi kode captcha. Sekali lagi kita harus memilih!

Demikian artikel cara mencegah komentar spam di blog. Semoga ada manfaatnya. Wassalam. [VR]

1 komentar so far


EmoticonEmoticon